How to pass driver license test in Japan (Kyoto)

sim1

Postingan kali ini adalah tentang bagaimana mendapatkan sim di Negara Jepang, khususnya Kyoto. Bahasa jawanya How to pass driver license test in Kyoto.

Dimulai dari sekitar 6 bulan setelah kami di Jepang, istri saya mulai merayu untuk punya mobil.

Biar bisa kemana-mana, ga repot naik dan ganti kendaraan umum, dll. Awalnya tidak begitu tertarik, tapi dengan lahirnya anak kami, saya pun akhirnya berpikir untuk membeli mobil.

eits, punya mobil kalau tidak punya sim ya sama saja ga bisa kemana-mana, alias pada bae ga iso  ning ndi-ndi.

Singkat cerita, akhir bulan maret tahun 2015 saya beranikan diri, mengikhlaskan jiwa dan raga (kaya mau apa aja, padahal cuma mau ujian sim ^^). Saya tidak akan cerita detail proses dari awal sampai akhir (bisa jadi full paper tuh nanti, tinggal submit ke jurnal, lulus deh saya, tapi cuma ngimpii).

Bagi yang sudah punya sim di Indonesia, prosesnya jauh lebih mudah dari pada harus buat sim dari awal bingit di Jepang (sim mobil ya cuy, bukan sim grobak ntar dikira penjual wedang ronde malah repot). Secara umum, prosesnya adalah sebagai berikut:

1. Translate SIM mobil yang ada disini. sim mobil harus sudah berusia minimal 6 bulan (jadi kalau ada yang baru perpanjangan di Indonesia terus dibawa kesini, kasian deh lo ^^).

2. Bawa semua berkas ke kantor polisi tempat ujian sim diselenggarakan. Sayangnya saya lupa dokumen apa saja yang harus dibawa. Untuk detail itu, silahkan buka halaman ini. Adapun untuk lokasi tampat ujian sim terletak disini.

3. Jenis ujian ada 2, ujian tertulis (10 soal) dan ujian nyetir mobil.

Ujian tertulis adalah bagian yang paling gampang, minimal harus benar 7 dari 10 soal yang diberikan. Bagian yang paling sulit adalah test nyupirnya. Bagi yang kurang beruntung, biasanya 5 kali baru bisa tembus ujian alias lulus. Saya lulus test drive nya setelah percobaan yang ketiga (alhamdulillah).

Nah, berikut saya share step by step how to pass driving practice test nya. Saya mendapatkan file ini dari teman yang sebelumnya juga pernah ujian dan lulus kemudian saya edit sedikit, semoga bisa membantu. 🙂

* silahkan reload page jika document di bawah tidak muncul.

Download (PDF, 733KB)

Demikian pengalaman saya mendapatkan sim di Kyoto, untuk lebih detilnya bisa japri saya tanya-tanya langsung.

Saya akan dengan senang hati menjawab pertanyaan. じゃ。。 待ったね

 

Kyoto, 12 Desember 2015

Hidayat

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image