Gunung api terbesar di dunia

Masih tentang Gunung Api, saat ini memang Yellowstone Super Volcano merupakan salah satu dari beberapa gunung api aktif yang dikhawatirkan jika meletus. Karena status dari Gunung tersebut termasuk dalam kategori super volcano, tentu dampak yang diakibatkan pun juga akan super.

Tapi tahukah anda, Gunung Api yang paling besar di dunia???

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr William Sager dari University of Houston menemukan sebuah penemuan yang sangat menggemparkan. Penelitian tersebut berhasil menemukan sebuah gunung raksasa yang terdapat di dalam laut di Shatsky Rise area yang terletak 1609 km di sebelah timur Negara Jepang. Gunung tersebut diumumkan ke publik sebagai Gunung Api pada tanggal 5 September 2013.

(paper beliau berjudul “William W. Sager et al. An immense shield volcano within the Shatsky Rise oceanic plateau, northwest Pacific Ocean. Nature Geoscience, published online September 05, 2013; doi: 10.1038/ngeo1934”)

The Tamu Massif is located within the Shatsky rise. (ODP)

Lokasi shatsky rise area.

Gunung tersebut diberi nama TAMU MASSIF. Gunung ini terbentuk kira-kira 145 juta tahun lalu dan mempunyai kubah sebesar 450 km × 650 km dengan luas total hampir mencapai 300000 km2. Dengan luas sebesar itu, maka gunung ini mempunyai luas yang lebih besar dari Negara Inggris Raya yang mempunyai luas hanya 229848 km2 dan bahkan 2 kali lipat dari besar pulau Jawa yang mempunyai luas 128,297 km².

3-D map of the Tamu Massif. (IODP/Texas A&M University)

Tampilan 3D Tamu Massif

 Map of the Tamu Massif formation. Grey area, lower right, shows the footprint of Martian Olympus Mons at the same scale (William W. Sager et al).

Formasi Gunung Tamu Massif (http://www.sci-news.com/othersciences/geophysics/science-tamu-massif-largest-volcano-pacific-01366.html)

 Seismic-reflection profile along line A-B on the map, see upper image (William W. Sager et al).

Penampang melintang Tamu Massif dari A ke B (sumber : http://www.sci-news.com/othersciences/geophysics/science-tamu-massif-largest-volcano-pacific-01366.html)

Dengan luas yang melebihi gunung-gunung yang selama ini dikategorikan kedalam SuperVolcano maka bisa gunung tamu massif ini bisa dikategorikan ke dalam MegaVolcano. Gunung yang puncaknya berada di kedalaman 1981 m dibawah permukaan air laut memang berbeda dengan gunung api pada umumnya yang biasanya menjulang tinggi. Gunung ini cenderung berbentuk lebar dan sangat luas (bisa dilihat pada gambar penampang melintang diatas).  Bisa dibayangkan bagaimana ngeri nya apabila gunung tersebut meletus, berapa tinggi gelombang tsunami yang akan terjadi? berapa keras ledakan yang akan terdengar? berapa milyar km kubik material yang dimuntahkan?

Kita saat ini mungkin bisa sedikit lega karena gunung ini oleh para peneliti dikategorikan ke dalam gunung yang sudah punah. Artinya gununng tersebut tidak mempunyai kemungkinan untuk meletus (huuffftt)

Mereka Adalah Tentara Alloh

Orang yang pintar adalah orang yang mampu merasakan kebesaran Alloh lewat ciptaanNYA. Orang yang pintar bukanlah orang yang bergelar professor, ilmuan, dokter sub-spesialis yang menekuni bidang kajian ilmu tertentu. Orang yang pintar adalah orang yang dengan ilmu yang dia miliki semakin takut dan yakin akan kebesaran Alloh.

Seperti yang sudah saya tulis diatas, saat ini para peneliti mengkategorikan gunung Tamu Massif kedalam kelompok gunung yang telah punah. Tapi siapa yang bisa menjamin hal tersebut?? Dalam science menurut para pemikir barat dikatakan bahwa tidak ada kebenaran yang mutlak, tapi tidak dalam agama! Kebenaran itu mutlak milik Alloh Rabb Pemilik Alam. Dan dalam ILMU-NYA, tidak ada suatu hal pun yang tidak mungkin. Betapa banyak kejadian yang tidak mungkin terjadi menurut akal manusia tapi tetap bisa terjadi karena kehendak Alloh!

Bahkan, ada gunung yang sudah dianggap mati, tapi ternyata aktif kembali, subhanallah

Silahkan lihat video dari salah satu televisi di indonesia berikut ini:

Masih banyak sejarah yang mencatat bagaimana suatu hal yang tadinya dirasa tidak mungkin menurut akal manusia ternyata bisa terjadi. Contohnya, pada jaman dulu, orang-orang tentu akan mengatakan tidak mungkin Kerajaan Persia dan Romawi itu kalah dari musuh-musuhnya, tapi kuasa Alloh berkata lain,kedua kerajaan besar (di masanya) itu sekarang tinggal sejarah.

Logika berpikir manusia pasti mengatakan 200.000 pasukan romawi akan menang dengan mudah saat bertempur melawan 3000 pasukan muslim di pertempuran Mu’tah. Tapi sekali lagi, kuasa Alloh berada di atas segalanya. dengan izinNYA, pasukan muslim berhasil mengalahkan pasukan romawi yang jumlahnya hampir 60 kali lipat jumlah pasukan muslim.

Al-quran dengan manis menuliskan sejarah bagaimana hancurnya kaum ‘aad, tsamud, kaum nabi sholeh dan kaum-kaum yang durhaka lainnya. Mereka dibinasakan oleh Alloh melalui tentaraNya dimuka bumi yang berupa Gempa bumi dan Letusan gunung berapi, suara yang mengguntur (halilintar), Banjir bandang, angin yang dingin dan kering. Ya, melalui mereka lah Alloh membinasakan kaum-kaum yang durhaka terdahulu.

Pertanyaan sederhananya sekarang adalah, mungkinkan tentara-tentara Alloh itu juga akan membinasakan kaum yang durhaka pada masa sekarang?? Maka jawabannya adalah mungkin saja karena tidak ada yang tidak mungkin di sisi Alloh.

Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika Yellowstone di Amerika Serikat meletus, Es di kutub mencair?? Tentu itu akan memberikan efek yang sangat buruk sekali bagi kelangsungan hidup manusia. Bahkan di Indonesia sendiri, kita sedang di intai oleh Gunung Anak Krakatau. Ini bukan Anak haram hasil hubungan gelap, tapi ini merupakan anak hasil letusan dari Ibunya (Gunung Krakatau yang telah meletus pada 27 Agustus 1883) yang menewaskan 36.417 orang padahal saat itu jumlah penduduk tidak sebanyak sekarang. Dengan pertumbuhan yang mencapai 20 Inchi/bulan, bisa dibayangkan bagaimana jika sang Anak  ini kelak mengamuk.

Anak Krakatau, dua tahun sejak awal terbentuknya. Foto diambil 12 atau 13 Mei 1929 (sumber : wikipedia)

 

Anak Krakatau, Februari 2008 (sumber : Wikipedia)

Kembali ke Tamu Massif, saat ini para peneliti mengkategorikan gunung tersebut sebagai gunung yang tidak aktif. Tapi siapa yang bisa menjamin kebenaran hal itu? Boleh jadi tentara Alloh yang satu ini akan aktif saat Alloh memerintahkannya untuk aktif. Sekedar informasi, kedinamisan dari lempeng bumi juga menjadi pemacu suatu Gunung Api untuk meletus. Bahkan sejarah mencatat ada gunung yang sudah dinyatakan mati tapi ternyata aktif dan meletus kembali (lihat video diatas). Maka sekali lagi, tidak ada suatu hal pun di dunia ini yang tidak mungkin di sisi Alloh. Wallahu a’lam bisshowab.

Saya paling suka mengutip bagian pembukaan surat Rasulullah shallallahu’alaihi wassalam kepada raja-raja di sekitar jazirah arab saat itu.

Semoga keselamatan untuk orang yang mengikuti petunjuk.

 

Kyoto, 15 Februari 2014

Hidayat Panuntun

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image

3 thoughts on “Gunung api terbesar di dunia”