Doa

 

“Kami belum pernah mendapat perintah berkenaan dengan urusanmu…Aku tidak melihat melainkan engkau telah haram baginya…” Begitulah kiranya sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada seorang perempuan yang mengajukan pertanyaan kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Tiada tara kesedihan yang dirasakan shahabiyah tersebut saat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda mengenai urusan zhihar. Tiada terbayang olehnya jika harus berpisah dengan suaminya. Wanita tersebut mengadukan hal nya kepada Allah Sang Pemilik Langit dan Bumi, kemudian turunlah ayat al-quran yang mulia yang menjelaskan solusi dari permasalahannya tersebut (QS al-mujadillah, 1-4).

Ayat yang dimulai dengan sebuah kalimat pembuka yang sangat menenangkan hati,

“Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”

Yup, Allah adalah Tuhan Yang Maha Mendengar, Dia Maha Melihat semua yang ada di langit dan di bumi, yang Nampak atau yang tersembunyi.

Allah lah yang telah mendengar doa nabi Yunus saat ia berada pada 3 lapis kegelapan. Allah pula yang mendengar doa 3 orang pemuda yang tejebak di dalam gua. Jadi, jangan berputus asa dari rahmat Allah. Berdoalah kepadaNYA dengan sebaik-baiknya. Dan yakinlah, Dia adalah Tuhan Yang Maha Mendengar.

 

Jadi, wahai diriku..

teruslah engkau berdoa kepada Allah..

jangan lah menyerah, karena engkau berdoa kepada Sang Pemilik segalanya..

jangan lah bersedih, karena engkau berdoa kepada Dzat yang tidak pernah menyianyiakanmu sedikitpun..

pernahkah engkau meminta kepada Allah untuk bernafas..??atau mata yang bisa melihat..?atau minta tangan dan kaki..??

tanpa memintanya, Allah telah memberikan kepadamu dengan gratis..

maka tenanglah..dan percayalah..dia pasti mendengar permohonanmu..

dan menangislah..agar Rabbmu mengabulkan permohonanmu itu..

karena engkau sedang bersimpuh kepada Rabb Yang Maha Mendengar..

maksimalkan ikhtiarmu..kemudian bertawakkal lah kepada NYA..

mudah-mudahan..engkau bisa segera keluar dari kesulitanmu..

 

Kyoto, 12 September 2014

Hidayat Panuntun

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image